Wednesday, January 19, 2022

PENYEBAB KITA DIBERIKAN UJIAN DARI ALLAH - Inspirasi dari Hanan Attaki


Ujian yang datang ke dalam hidup merupakan hal yang harus kita hadapi. Bukan malah menghindar dan menyalahkan orang lain. 

Kehidupan yang kita jalani tidak terlepas yang namanya dengan rintangan maupun ujian untuk menjadikan diri kita semakin kuat. Tapi apa sih penyebab ujian itu datang ? 

"Kita coba sadari oh Allah menguji saya, berarti emang saya banyak dosa. Sebelum mencari sebelum kita mencari kambing hitam nyalah-nyalahin orang lain. 

Kadang wajar kita marah kepada orang lain gara-gara ucapannya, komenannya, text dari dia, wajar. Tapi sebelum itu, marah dulu kepada diri kita atas dosa dan kesalahan yang baru saja kita lakukan. 

Atau yang dulu kita lakukan dan belum benar-benar kita tinggalkan. 

Anggap aja itu untuk membersihkan dosa kita yang telah lalu. Sehingga kalau ada masalah sama orang lain, kita memperbaiki diri dulu. 

Bukan sibuk dengan kesalahan dia terus menerus yang gak mau kita maafin. Misalnya ada temen kita nih jadi bentrok sama kita. 

Hal pertama yang kita bangun 'Astagfirulohaladzim' saya banyak dosa nih. Tapi kan yang salah dia, ya tapi mungkin dia gak akan mungkin mengatakan kalimat itu. 

Gak akan bersikap kayak gitu kalau kita gak punya dosa. 

Jadi penyebab pertama di uji bukan teman kita yang salah, itu penyebab kedua. Dia salah, dia gak pas, dia gak bijak. 

Tapi yang mentakdirkan dia salah kepada kita? Allah SWT. Kenapa Allah takdirkan begitu? Karena kita masih punya banyak dosa, Said Ust Hanan Attaki."

Harus intropeksi dulu kepada diri kita sendiri bila ada ujian yang menghampiri hidup kita. Jangan malah menyalahkan orang lain. #Sharing

(Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=2-NGEC0VlrM&list=UUQNSW7WjuSlGm0Oc_HjyIAA&index=39)

0 comments:

Post a Comment