Sunday, June 12, 2022

REVIEW BUKU | INSPIRASI SUKSES KHADIJAH - Penulis Ahmad Asrof Fitri

Assalamua'alaikum man teman...

Review buku kali ini begitu inspirasi untuk di jadikan pedoman dalam menjalankan bisnis. Mimin sudah lama tidak review buku nih man teman. Gimana kabarnya? semoga selalu sehat ya. Aamiin.

Jangan bosan-bosan untuk terus pantauin review buku yang akan ngereview buku yang menarik untuk dijadikan contoh yang baik untuk menjalankan kehidupan yang kita jalankan. 

Ga perlu lama-lama lagi buku ini sesuai dengan judulnya Inspirasi sukses seseorang yang menjadi istri dari Nabi Muhammad Saw.

Khadijah binti Khuwailid, istri pertama Nabi Muhammad Saw. Kisahnya yang terjadi berabad-abad yang lalu, nyatanya justru menjadi cerminan perempuan sukses masa kini; mandiri, punya usaha sendiri, salehah, tidak manja kuat, tangguh, dan punya jati diri.

Apa saja sih yang menjadikan Khadijah disebut sebagai gambaran perempuan sukses dalam hidup dan bisnis? Man teman bisa menemukannya dalam buku inspiring ini.

Selain itu, buku ini berisi juga kisah hidup seorang sahabat Nabi Muhammad Saw. yang sangat kaya raya. Abdurrahman bbin Auf namanya. Beliau adalah sahabat Rasulullah Saw. yang tergolong kaya raya dan memiliki harta yang begitu banyak,

Kekayaan Abdurrahman bin Auf bahkan mampu membuat "kegaduhan di seluruh pelosok kota Madinah. Sahabat Rasulullah Saw. yang satu ini mempunyai jiwa bisnis yang tinggi.

Bahkan, saking mahirnya dalam berwirausaha, Abdurrahman bin Auf pernah berujar, seandainya aku mengangkat batu, niscaya kutemukan emas (uang dinar) dan perak (uang dirham) di bawahnya."

Ucapan Abdurrahman tersebut sama sekali tidak dimaksudkan untuk bersikap sombong, melainkan hanya sebagai gambaran tentang dirinya yang sangat mandiri dan senang berwirausaha.

Ini merupakan sinopsis dari buku Inspirasi sukses Khadijah. Man teman bisa mendapatkan buku ini di toko buku favorit masing-masing. 

Banyak kisah inspirasi yang menggambarkan cara berbisnis dengan baik. dan juga tentang mengelola bisnis. 

Mimin akan review beberapa isi yang menarik dan mengandung inspirasi dalam mengelola bisnis yang diterapkan Khadijah. langsung aja yuk. 

Pada tahun 575 m, Fatimah binti Zaidah ibunda Khadijah meninggal dunia. Berselang 10 tahun kemudian, ayahnya, Khuwailid bin Asad, juga menyusul ibundanya menghadap sang pencipta.

Setelah ayah Khadijah meninggal dunia pada tahun 585 m, Khadijah bersama saudara-saudaranya mewarisi kekayaan orang tuanya tersebut.

Dari semua anak Khuwailid, hanya Khadijah yang mempunyai insting bisnis seperti sang ayah dan bisa meneruskan usaha keluarganya.

Kemampuan bisnis Khadijah tidak dapat dipandang sebelah mata keahlian dalam berbisnis seolah diturunkan langsung sudah mendarah daging dari ayahnya.

Berkat kepiawaiannya dalam mengelola bisnis, Khadijah mampu menjadi wanita kaya raya. Meskipun begitu, harta tidak lantas membuatnya lupa diri dan keadaan di sekitarnya. 

Tidak jarang Khadijah memberikan bantuan kepada orang-orang miskin, anak yatim dan janda di Makkah.

Bahkan, jika ada yang tidak mampu menikah karena kekurangan uang, Khadijah akan mengurus biaya pernikahannya, sekaligus membekali dengan uang secukupnya sebagai modal berumah tangga. Inilah kemuliaan hati dari Khadijah yang sangat luar biasa.

Khadijah tidak hanya piawai dalam mengelola bisnis, namun juga mengurus kehidupan rumah tangga. Ia adalah istri yang sangat berbakti kepada suami yang dia cintai, Muhammad. Khadijah mendahulukan kepentingan suaminya daripada kepentingan pribadinya.

Dia senantiasa taat pada suami serta mencurahkan segenap cinta kasihnya agar suami bahagia. 

Dalam berbisnis sebelum datangnya islam, Khadijah sama sekali tidak pernah melakukan praktik riba. Inilah yang membuat kagum. Saat masyarakat semasanya gemar mengambil riba untuk keuntungan pribadinya, Khadijah tidak ikut-ikutan mereka.

Khadijah tetap berpegang teguh pada prinsip kemanusiaan dan mengikuti hati nuraninya. Karena dia meyakini bahwa perbuatan riba sangat tidak baik dan merusak hubungan sosial, maka Khadijah pun tidak mau melakukannya.

Cara Khadijah memperlakukan para rekan kerjanya berbicara dengan nada sopan dan sama sekali tidak terkesan mendikte atau tidak bersikap layaknya bos. Khadijah menganggap semua rekan kerja dan karyawannya sebagai teman yang memiliki kedudukan yang sama dan sederajat.

Tidak hanya itu, Khadijah juga menjelaskan secara detail tentang persoalan pembagian keuntungan semenjak awalm sebelum dilaksanakannya pekerjaan. 

Hal ini menunjukkan bahwa Khadijah merupakan seorang pebisnis wanita yang profesional dan selalu bersikap fair (adil) dalam membagi keuntungan.

Sikap ini juga membuktikan bahwa Khadijah tidak ingin menzalimi dan merugikan orang yang bekerja padanya.

Selain itu, khadijah sangat peduli pada rekan kerja dan karyawan yang bekerja untuknya. Khadijah juga memberikan presentase sesuai dengan kapasitas dan kualitas orang bekerja padanya. 

Inilah kehebatan Khadijah yang mampu bersikap profesional dalam pekerjaan dan berperangai lembut dalam kehidupan sehari-harinya.

Dalam merekrut karyawan serta mencari rekan bisnis, Khadijah tidak pernah sembarangan. Dia sangat berhati-hati dan benar-benar memperhatikan kualitas orang yang akan diajak sebagai mitranya.

Oia man teman itu salah satu favorit mimin yang ada di inspirasi sukses Khadijah. masih banyak lagi tentang Bagaimana cara Khadijah mengelola usahanya sehingga dia berhasil meraup banyak keuntungan dan menjadikannya kaya raya?

Juga cara menyikapi keuntungan dan kerugian. Man teman bagus banget buku ini untuk menambah koleksi bagi yang ingin berbisnis atau menjadi pembisnis pemula. Semoga bermanfaat :)

Wednesday, June 8, 2022

RAHASIA HIDUP BAHAGIA - Inspirasi dari Hanan Attaki

Unsplash.com

Ketika kita merasa capek dalam menjalani hidup jangan pernah putus asa dalam berdoa. 

Sebab, doa menjadikan hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. 

Secapek-capeknya kita dalam bekerja atau menghadapi permasalahan yang sulit, tenang ada Allah. 

Kita harus yakin dalam diri bahwa semua permasalah yang kita hadapi akan selesai jika kita serahkan semuanya kepada Allah. 

"Kalau ketika kita berdoa hati kita yakin seutuhnya kepada Allah pasti Allah gak akan ngecewain kita. Allah itu nggak mungkin ngecewain kita. 

Allah sendiri yang berjanji, Allah yang bilang aku tuh dekat artinya berharaplah kepadaku dan aku akan mengijabah setiap orang yang meminta kepadaku. 

Jadi Allah sendiri yang berjanji akan menunjukkan keajaiban. 

Mengabulkan permintaan-permintaan yang baik dari hambanya sehingga tidak perlu kita ragu Allah gak mungkin ngecewain kita. 

Begitu kita berdoa yang selaras di hati kita yakin kepada Allah. Allah bantu kita itu rahasia paling gampang untuk hidup bahagia, untuk sukses, untuk dapatin apa yang baik-baik yang kita harapkan, Said Ust Hanan Attaki."

Percaya dan yakinlah semua akan baik-baik saja. Berdoanya di perkuat lagi kalau keinginan kita belum juga terwujud. 

Suatu saat jika waktunya sudah tepat maka Allah mengabulkan permintaan kita. Yang penting adanya keyakinan dalam hati kita. #Sharing

(Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=5-ljjYPSSuw)

Sunday, April 17, 2022

CARA MENIKMATI KEBAHAGIAAN DALAM HIDUP KITA - Coretan Inspirasi

Unsplash.com

Keinginan yang begitu banyak pada diri membuat kita selalu fokus untuk mencapainya. Ingin punya mobil, motor, rumah yang mewah, dan lainnya. 

Sehingga rasa menggebu-gebu untuk mendapatkannya. Tapi setelah kita mendapatkannya apakah itu semua cukup untuk membahagiakan diri kita? Jawabannya kebanyakan belum puas, masih banyak lagi keinginan yang lainnya. 

Sebenarnya gimana sih ramuan kebahagiaan yang kita inginkan?

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh at-Tirmidziy Rasulullah bersabda, "Barangsiapa tidur dengan tenang di tempat tidurnya, sehat badannya, memiliki jatah makanan untuk hari itu, maka seakan-akan dia telah mendapatkan dunia dan semua kenikmatannya."

Maksudnya adalah bahwa jika seseorang telah mendapatkan makanan yang cukup dan tempa berlindung yang aman, maka dia telah mendapatkan kebahagiaan yang sempurna dan kebaikan yang terindah. 

Ini terjadi pada kebanyakan orang. Namun mereka tidak pernah menyebutnya, melihatnya dan merasakannya sebagai kebahagiaan dan kebaikan.

Nikmat apa yang diberikan kepada Rasulullah secara sempurna? Apakah nikmat itu berupa materi? Apakah itu makanan yang melimpah? Apakah istana-istana, emas dan perak? Tentu tidak. Rasulullah tidak memiliki semua itu. 

Kenyataannya Rasulullah yang agung ini masih tidur di sebuah kamar yang beralaskan tanah dan beratapkan pelepah kurma. 

Dia mengikat perutnya dua buah batu untuk menahan rasa laparnya, dan hanya beralaskan tikar yang terbuat dari pelepah kurma yang membekas di belikatnya. 

Rasulullah menggadaikan pakaian perangnya kepada seorang Yahudi dengan harga tiga puluh sha' gandum. 

Nabi berkeliling selama tiga hari untuk mendapatkan kurma yang paling jelek untuk dimakan dan untuk sekedar menutup rasa lapar, namun tidak mendapatkannya. #Sharing

(Sumber : La Tahzan, Jangan Bersedih - Dr. 'Aidh al-Qarni)


Thursday, April 7, 2022

PENTINGNYA KEYAKINAN DALAM BERDOA - Inspirasi dari Hanan Attaki

Unsplash.com

Ada yang lagi punya masalah yang begitu berat? Jangan khawatir apalagi gelisah semua bisa terselesaikan. 

Yang merasa diri sendiri sudah tidak berharga ataupun tidak bermanfaat itu salah banget. 

Karena kita tidak selalu mengandalkan Allah dari semua masalah yang terjadi dalam diri kita. 

"Kalau kita mengandalkan Allah banget dalam segala urusan itu intinya. 

Allah gak bakalan mengecewakan kita. Manusia bisa banget mengecewakan kita bukan karena dia jahat karena emang dia gak mampu untuk memuaskan dan membahagiakan kita.

Bukan karena dia penghianat seorang istri, seorang suami kadang mengecewakan kita.

 Bukan karena dia gak sayang sama kita tapi dia gak mampu memenuhi semua kebutuhan kita dia terbatas. 

Dan justru banyak semua orang yang ternyata banyak yang mengecewakan kita karena dia jahat. 

Tapi ada juga orang baik yang ngecewain karena dia gak mampu. 

Tapi Allah Maha Baik dan Maha Mampu, bukan cuma maha baik kalau baik doang tapi gak mampu apa bisa kita lakuin kan.

 Tapi kalau baik dan mampu enggak ada batas. Keajaiban-keajaiban yang luar biasa terjadi dalam hidup kita kalau kita mengandalkan Allah. 

Selaras antara lisan dan hati kita, Said Ust Hanan Attaki." 

Percayalah setiap masalah yang meenimpa hidup kita kalau selalu ada apa-apa ingat Allah bakalan tenang.

Tapi harus yakin dan percaya akan selesai masalahnya bukan malah doa ke Allah tapi kita sendiri gak yakin akan selesai permasalahannya. 

Karena Allah sesuai dengan prasangka hambanya. #Sharing

Wednesday, January 19, 2022

PENYEBAB KITA DIBERIKAN UJIAN DARI ALLAH - Inspirasi dari Hanan Attaki


Ujian yang datang ke dalam hidup merupakan hal yang harus kita hadapi. Bukan malah menghindar dan menyalahkan orang lain. 

Kehidupan yang kita jalani tidak terlepas yang namanya dengan rintangan maupun ujian untuk menjadikan diri kita semakin kuat. Tapi apa sih penyebab ujian itu datang ? 

"Kita coba sadari oh Allah menguji saya, berarti emang saya banyak dosa. Sebelum mencari sebelum kita mencari kambing hitam nyalah-nyalahin orang lain. 

Kadang wajar kita marah kepada orang lain gara-gara ucapannya, komenannya, text dari dia, wajar. Tapi sebelum itu, marah dulu kepada diri kita atas dosa dan kesalahan yang baru saja kita lakukan. 

Atau yang dulu kita lakukan dan belum benar-benar kita tinggalkan. 

Anggap aja itu untuk membersihkan dosa kita yang telah lalu. Sehingga kalau ada masalah sama orang lain, kita memperbaiki diri dulu. 

Bukan sibuk dengan kesalahan dia terus menerus yang gak mau kita maafin. Misalnya ada temen kita nih jadi bentrok sama kita. 

Hal pertama yang kita bangun 'Astagfirulohaladzim' saya banyak dosa nih. Tapi kan yang salah dia, ya tapi mungkin dia gak akan mungkin mengatakan kalimat itu. 

Gak akan bersikap kayak gitu kalau kita gak punya dosa. 

Jadi penyebab pertama di uji bukan teman kita yang salah, itu penyebab kedua. Dia salah, dia gak pas, dia gak bijak. 

Tapi yang mentakdirkan dia salah kepada kita? Allah SWT. Kenapa Allah takdirkan begitu? Karena kita masih punya banyak dosa, Said Ust Hanan Attaki."

Harus intropeksi dulu kepada diri kita sendiri bila ada ujian yang menghampiri hidup kita. Jangan malah menyalahkan orang lain. #Sharing

(Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=2-NGEC0VlrM&list=UUQNSW7WjuSlGm0Oc_HjyIAA&index=39)