Tuesday, May 4, 2021

KISAH INSPIRASI BAGI YANG TAKUT MENCOBA - Coretan Inspirasi


Unsplash.com

Kenapa Tidak Kamu Lakukan?

"Satu-satunya orang yang memiliki kesempatan untuk membuat kamu tidak melakukan apa yang ingin kamu lakukan adalah diri kamu sendiri." 

-Ara-

Sepulang Columbus dari pelayarannya yang berhasil menemukan Benua Amerika, dia menjadi sangat terkenal dan diagung-agungkan oleh raja dan seluruh rakyat. 

Columbus pun diangkat menjadi bangsawan kehormatan kerajaan. Hal ini menjadikan beberapa orang menjadi iri.

Pada suatu hari, Columbus mengadakan sebuah perjamuan makan. Columbus menceritakan segala pengalamannya dalam usaha menemukan benua baru tersebut. 

Berbagai rintangan dan bahaya juga diceritakannya hingga membuat para undangan terpukau dan kagum.

Namun beberapa orang yang iri, berkata sinis,"Apa hebatnya dia? Cuma berlayar dan kebetulan saja menemukan benua baru. Siapa saja dapat melakukannya."

Mendengarnya, Columbus menantang orang-orang yang iri tersebut,"Marilah kita bertanding untuk menentukan siapa yang lebih baik di antara kita. 

Barangsiapa yang bisa membuat telur-telur rebus ini berdiri di atas meja makan maka ialah orang yang terbaik dan semua gelar kekayaanku akan kuberikan padanya."

Orang-orang yang iri menerima tantangan tersebut. Mereka mencoba satu persatu untuk mendirikan telur rebus di atas meja makan. 

Setelah beberapa lama dan mencoba berkali-kali, telur yang berbentuk elips tersebut tidak juga bisa berdiri tegak dan terus jatuh ketika dicoba didirikan. Akhirnya mereka menyerah dan menganggapnya mustahil.

Columbus memegang telur itu di atas meja dengan posisi berdiri sambil memeganginya, kemudian dengan tangan satunya, dia menekan ujung atas telur tersebut ke meja hingga ujung bawah telur menjadi remuk dan memipih (tidak elips lagi) sehingga telur tersebut bisa berdiri tegak di atas meja.

Melihat hal itu, orang-orang iri mencibir Columbus dengan iri."Ah, kalau caranya seperti itu, kami juga bisa melakukannya."

Dengan tersenyum tenang, Columbus menjawab."KALAU BEGITU, KENAPA TADI TIDAK MELAKUKANNYA?"

Semua orang bisa melakukammya. Masalahnya adalah kalau memang bisa melakukannya, kenapa tidak dilakukan sekarang?

(Sumber : The Amazing of Ikhlas -Ara-)

0 comments:

Post a Comment