Wednesday, March 17, 2021

KISAH SEORANG TUKANG BATU DALAM MENCINTAI PEKERJAANNYA - Coretan Inspirasi

Freepik.com
 

"Kalau ingin mendapatkan hasil terbaik, kita juga harus melakukan yang terbaik." 

-Ara-

Suatu ketika seorang tua berjalan-jalan dan bertemu dengan seorang tukang batu. Dia kemudian menanyakan kepada tukang batu tentang apa yang dia kerjakan. 

Si tukang batu menjawab dengan ketus, "Kau tidak melihat? Aku menumpuk batu satu persatu untuk menjadi tembok."

Orang tua tersebut kemudian melanjutkan perjalanan dan bertemu dengan tukang batu lain dan menanyakan hal yang sama. 

Si tukang batu yang ini menjawab,"Aku sedang mengerjakan sesuatu yang menjengkelkan dengan upah yang tidak begitu besar."

Tidak puas dengan jawaban tukang batu kedua, orang tua itu kembali melanjutkan perjalanan dan bertemu dengan tukang batu ketiga. Dia pun menanyakan hal yang sama. 

Tukang batu ketiga ini menjawab,"Aku sedang mengerjakan sesuatu yang akan memperindah kota ini dan itu adalah hasil karyaku."

Melihat perbedaan dari ketiga tukang kayu itu?

Selain cara mengerjakannya, hasilnya juga akan beda. Dua orang yang pertama, tidak suka dengan apa yang mereka kerjakan. Mereka tidak menikmatinya. 

Sekarang, bayangkan kita memakan sesuatu yang tidak kita suka, tapi harus habis. 

Rasanya akan menyiksa sekali. Mereka tidak menikmati pekerjaan mereka, tapi karena dibayar untuk itu, mereka harus menyelesaikannya. Pasti juga sangat menyiksa sekali.

Begitu juga dengan hasilnya. Jika dua orang pertama mengerjakan dengan terpaksa, seperti apa sih hasil dari sebuah keterpaksaan? Pasti juga seadanya. 

Yang penting jadi. Berbeda dengan orang yang mencintai apa yang dia kerjakan dan membanggakan hal itu. 

Tentu dia akan mengerjakannya dengan kemampuan terbaiknya karena orang akan melihat hasil pekerjaannya dan dia sendiri pun begitu.

Lakukan yang terbaik dalam mengerjakan hal apapun, karena jika kita terpaksa maka hasil akan berbeda. Nikmatilah prosesnya 

(Sumber : The Amazing of Ikhlas - Ara )

0 comments:

Post a Comment