Tuesday, February 16, 2021

TIDAK PERLU KECEWA BILA KESULITAN DATANG - Coretan Motivasi

Freepik.com

"Tak perlu lagi kita takut akan persoalan masa depan. Tak perlu lagi kita kecewa bila kesakitan datang menghadang. 

Tak perlu lagi kesulitan dan kesusahan yang menyapa membuat diri kita merana. Karena setelah kesakitan, pasti Allah hadirkan kesembuhan. 

Setelah kesusahan, pasti ada kemudahan. Setelah kesukaran, pasti ada kesenangan yang menakjubkan." (Agusman 17An)

Arif menanyakan suatu permasalahan kepada gurunya "Wahai Guru, apa yang harus aku lakukan agar selalu tetap yakin akan sampai pada tujuan, saat ingin menciptakan masa depan tetapi banyak kesulitan yang kuterima?

Bagaimana caranya agar hidupku tetap tenang dalam menghadapi segala kesulitan hidup?"

Gurunya diam sambil menatap lekat-lekat wajah Arif dengan penuh keheranan, lalu balik bertanya,"Ada apa denganmu?Apa kau dalam masalah?"

"Aku hanya ingin tahu, Guru," suara Arif terdengar merendah,"Bagaimana agar aku bisa seperti Guru yang selalu tenang dan senang dalam menjalani hari, tanpa pernah kulihat sedikit pun kesedihan di wajah Guru?"

Namun, bukannya jawaban yang Arif terima, justru sebuah perintah untuk mencari jawaban sendiri. "Temukanlah sendiri apa yang akan membuatmu tenang saat menghadapi berbagai kesulitan, Nak.

Dengan begitu, kau akan mengetahui nikmatnya hidup dan kau akan memberikan makna lebih dalam pencarian masalah hidupmu."

Hari demi hari Arif mencari sendiri jawaban pertanyaan yang menyesakkan dadanya,"Saat mendapat kesulitan, hal apa yang membuat diri merasa tenang?"

Ia menemukan lagu yang berjudul "berakit-rakit ke hulu, berenang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu baru kemudian berbahagia." Mendengar lirik itu seketika Arif merasa tenang dan mendapat sedikit pemahaman.

Namun, Arif juga menemukan lirik yang serupa  "Berakit-rakit kita ke hulu, berenang kita ke tepian. Bersakit dahulu senang pun tak datang, malah mati kemudian."

Karena ada perlawanan dengan lirik lagu yang kedua Arif tak mendapatkan jawaban yang membuatnya tenang.

Tak patah arang dan tak putus asa, Arif kembali kepada pencariannya atas jawaban yang bisa mengenyangkan akalnya dan mendamaikan jiwanya.

Seketika, pikirannya tertuju kepada mutiara keindahan penuh pesona. Sebelum menjadi mutiara murni dan perhiasan berharga dambaan kaum hawa, kerang itu harus ditempa terlebih dahulu dengan berbagai cobaan, ujian dan rintangan.

Sebelum menjadi perhiasan mewah yang berharga jutaan bahkan ratusan juta rupiah, mutiara harus melalu proses yang sulit menyakitkan. Terbentuknya mutiara tidak dalam waktu sehari dua hari, tapi bertahun-tahun.

Arif kembali disadarkan bahwa kesulitan adalah penyaring untuk menjadikan kebahagiaan yang sesungguhnya. Bahwa kesakitan akan membuahkan kemewahan dan ketinggian kualitas.

Masih ingin menambahkan dan memantapkan keyakinan Arif mencari sosok makhluk ciptaan Tuhan yang spesial. Ya, makhluk itu tak lain adalah manusia, sama seperti dirinya.

Ia cari sosok manusia yang menurutnya telah sukses. Ia cari profilnya, ia baca sejarah hidupnya, dan ia telusuri perjalanannya dalam meraih yang dicita-citakannya.

Akhirnya, Arif mendapat kesimpulan bahwa mereka yang selama ini ia lihat begitu bahagia, sebelumnya telah melewati masa- masa sulit, masa-masa pahit, dan masa-masa sakit dalam menciptakan masa depan. 

Barulah Arif percaya bahwa ketenangan hidup akan kita dapatkan bila kita yakin kesulitan apapun yang kita terima akan membuahkan hasil yang membahagiakan.

Ada kebahagiaan yang membuncah dalam diri Arif setelah pertanyaan yang pernah ia ajukan kepada gurunya terjawab. Arif merasa puas, dan kedamaian dalam dadanya, ada ketenangan merasuk ke dalam jiwanya.

Tak perlu ia takut akan persoalan masa depan. Tak perlu lagi ia kecewa bila kesakitan datang menghadang. Tak perlu lagi kesulitan dan kesusahan yang menyapa membuat dirinya merana, 

karena dirinya telah benar-benar yakin bahwa setelah kesakitan, pasti ada kemudahan; setelah kesukaran, pasti ada kesenangan yang menakjubkan.

Penutup : " Kesabaran adalah keharusan bagi siapa saja yang ingin menuai keuntungan dalam hidup. Kesabaran adalah modal dasar dan komposisi utama yang harus dimiliki mereka yang ingin mewujudkan segala mimpi."

(Sumber : Buku Menjadi Pribadi Tangguh Selalu Bersyukur dan Tidak Suka Mengeluh - Agusman 17An)

0 comments:

Post a Comment