Sunday, February 14, 2021

BERHENTI MEMBUAT RENCANA, MELANGKAHLAH!Bob Sadino - Coretan Motivasi

 

Google.com
"kamu ini bangun pagi, mandi, pamit kerja, pake seragam, kaki dibungkus sepatu, berangkat pagi pulang malam bayaran gak seberapa kerja apa dikerjain?" 

Kata-kata diatas sudah tidak asing lagi. Siapa lagi kalau bukan salah satu kata mutiara dari seorang pengusaha sukses yang biasa disebut Om Bob.

Lahir di Tanjung Karang Lampung 9 Maret 1933, Bob Sadino dikenal luas karena kesuksesannya sebagai pengusaha agrobisnis. 

Ia sering terlihat menggunakan kemeja lengan pendek yang menjadi ciri khasnya. Om Bob lahir disebuah keluarga yang hidup berkecukupan.

Anak bungsu dari 5 bersaudara, sempat bekerja di Djakarta Lylod di kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman.

Menetap di Belanda selama 9 tahun. Ketika di Belanda itu, Bob bertemu dengan pasangan hidupnya Soelami Soejoed. Pada tahun 1967 Bob & keluarga kembali ke Indonesia.

Ia membawa 2 Mercedes miliknya, salah satunya di jual untuk membeli sebidang tanah, sementara uang lain tetap ia simpan.

Setelah beberapa lama tinggal dan hidup di Indonesia, Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya karena ia memiliki tekad untuk bekerja secara mandiri.

Pekerjaan pertama setelah keluar dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang ia miliki. Ia sendiri yang menjadi sopirnya. 

Namun, suatu ketika mobil itu disewakan ternyata, bukan uang yang kembali tetapi berita kecelakaan yang menghancurkan mobilnya. "Hati saya ikut hancur," kata Bob kehilangan sumber penghasilan.

Karena tak punya uang untuk memperbaikinya, Bob beralih menjadi tukang batu. Gajinya ketika itu hanya 100. Ia sempat depresi akibat tekanan hidup yang dialaminya.

Suatu hari, temannya menyarankan Bob memelihara ayam untuk melawan depresi yang dialaminya. Bob tertarik ketika beternak ayam itulah muncul inspirasi berwirausaha.

Bob memperhatikan ayam-ayam ternaknya, ia mendapat Ilham, ayam saja bisa berjuang untuk hidup tentu manusia pun juga bisa.

Dengan berjalannya waktu sambil belajar untuk terus berusaha berdagang. Keberhasilan Bob tidak terlepas dari ketidaktahuannya. Sehingga ia langsung terjun ke lapangan setelah jatuh bangun.

Bob terampil dan menguasai bidangnya, proses keberhasilan Bob berbeda dengan kelaziman. Mestinya dimulai dari ilmu, kemudian praktik lalu menjadi trampil & profesional.

Menurut Bob, banyak orang yang memulai dari ilmu berpikir & bertindak serba canggih, arogan karena merasa memiliki ilmu yang melebihi orang lain.

Sehingga ada kata motivasi yang dibuat oleh Om Bob " Orang goblok itu gak banyak mikir yang penting melangkah. Orang pintar kebanyakan mikir akibatnya tidak pernah melangkah."

Sumber : https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/19/150500865/mengenang-pengusaha-nyentrik-bob-sadino-dan-perjalanan-hidupnya-?page=all#page2

0 comments:

Post a Comment