Sunday, February 21, 2021

SOLUSI AGAR HIDUP BAHAGIA - Coretan Motivasi

Freepik.com

Merasa letih dalam menjalankan hidup yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Itu rasanya buat hati kita gelisah. Kenapa? Karena terkadang kita kurang rasa syukur.

Apa sih yang harus dilakukan agar hidup kita bahagia? Kuncinya bersyukur, gimana caranya? Sederhananya latihlah diri kita yaitu nikmat yang kita latih nikmat hidup, bangun tidur baca doa.

Syukuri hidup, sambil menghirup napas ucapkan Alhamdulillah, bisa napas. Saat duduk, Alhamdulillah bisa duduk. Bangun tidur dinikmati, jangan cari kurangnya harus cari lebihnya.

"Mensyukuri dengan menyebut nama Allah rasanya benar-benar manfaatnya, syukuri apa yang kita punya. Syukuri semuanya, said Aa Gym ."

Dinikmati & disyukuri! Kalau ada yang menghina, lihat yang tidak menghina, kalau ada yang menjelek-jelekkan. Lihat yang menghargai kenapa harus fokus sama yang menjelekkan. Jangan terlalu banyak mengeluh. #Sharing

CARA TERBAIK DALAM MENGHADAPI MASALAH - Inspirasi dari Hanan Attaki

Freepik.com

Setiap ada ujian pasti ada solusi dalam menyelesaikan masalahnya. Gimana caranya? Allah mengatakan coba beristighfarlah kalian, 

Satu, Allah pasti akan mengampuni,

Dua, Allah akan menurunkan hujan yang sangat lebat,

Tiga, Allah akan memberikan harta yang sangat banyak,

Empat, Allah akan memberikan keturunan untuk kalian,

Lima, Allah akan memberikan kebun-kebun atau ladang,

Enam, Allah akan memberikan air sungai yang mengalir,

Istighfar tapi fadilahnya macem-macem. 

"Sehingga masalah apa saja jawabnya sama, istighfar. Butuh air istighfar, butuh jodoh, istighfar. Pengen punya anak, istighfar. Kerjanya susah, istighfar. 

Apapun masalah kita, istighfar dan itu artinya apa? Artinya yang menghalangi kebaikan dalam hidup kita cuma satu dosa. Yang buat hidup kita susah itu cuma dosa. 

Makanya kalau pengen hidupnya jadi mudah hilangkan dulu dosa. Dan cara menghilangkan dosa itu hanya dengan istighfar, Said Ust Hanan Attaki."

Cara terbaik istighfarlah ketika kita ada masalah, dan apapun itu dalam menjalankan kehidupan untuk menjadikan lebih baik beristighfarlah. 

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka”  (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir). #Sharing

Sumber : 

https://muslim.or.id/7702-membuka-pintu-rizki-dengan-istighfar.html

https://youtu.be/Ouw_2qyKB5o

BERUSAHA KERAS TAPI BUKAN JODOHNYA - Coretan Motivasi

Freepik.com

Bertahun-tahun menjalin hubungan dan berharap menjadi masa depan sesuatu yang belum pasti terjadi. 

Karena yang lama hubungannya juga belum tentu jodohnya. Gimana pun kita berusaha kalau takdirnya bukan dia, gak bisa tuh.

"Jadi bukan salah teman kita yang nyalip kita duluan. Padahal kita ngecenginnya sudah 2 tahun. Dia gak salah jadi jangan melampiaskan ke dia. Karena bukan salah dia, bukan dia yang nulis takdir, Said Ust Hanan Attaki."

Gimana pun kita berikhtiar, atau sebaliknya kalau emang takdirnya gak seperti yang kita harapkan, gak akan jadi. Allah yang mentakdirkan cewek ini atau laki-laki ini nikah sama perempuan atau laki-laki tersebut.

Jadi tidak perlu ada orang yang perlu kita salahkan, tidak ada sesuatu yang perlu kita keluh kesah kan. 

"Terus buat apa perjalanan 2 tahun, 3 tahun 10 tahun deketin dia, mencari ta'aruf & segala macem? 

Disitu kita belajar tentang banyak hal. Salah satunya tentang kebesaran Allah. Allah bilang bahwa pasangan itu takdir Allah, Said Ust Hanan attaki." 

Sekeras-kerasnya usaha kita untuk bersama dengan dia kalau Allah belum mentakdirkan ga bakalan jadi milik kita. 

Begitu juga sebaliknya kalau memang jodohnya mau sekeras apapun orang lain mendapatkannya ga bakalan jadi milik mereka. #Sharing

Sumber : https://youtu.be/ATHf7j9W95Q

Tuesday, February 16, 2021

REVIEW BUKU | MENJADI PRIBADI TANGGUH SELALU BERSYUKUR & TIDAK MENGELUH - Penulis Agusman 17An



Assalamua'alaikum man teman...

Udah lama nih saya gak nge review ya kan, kangen juga. Gimana kabar kalian sehat? Tetap jaga kondisi ya, semoga kita selalu diberi kesehatan aamiin.

Eh iya nih, masih pada semangat kan untuk terus menggapai cita-cita? Harus semangat dong, apalagi selagi matahari masih bersinar semuanya masih ada kesempatan. 

Udah pada baca kan judulnya yapss! Memang kalo mau semangat itu butuh vitamin penyemangat buat terus berjalan dan melangkah.

Salah satunya ya buku ini nih yang dikemas supaya kita menjadi manusia yang kuat, tangguh punya mental pejuang. 

Apa sih isi synopsisnya jadi di tuliskan "Sungguh, manusia diciptakan bersifat suka mengeluh. Apabila dia ditimpa kesusahan dia berkeluh kesah, dan apabila mendapat kebaikan (harta) dia jadi kikir, kecuali orang-orang yang melaksanakan shalat." (Q.S. Al-Ma'aarij [70] : 19-22)

Demikianlah manusia, lebih senang mengeluh daripada berusaha menjadi pribadi yang tangguh. Saat sedang mengalami kesusahan, mengeluh. Saat sakit, mengeluh.

Saat keinginan belum tercapai, mengeluh. Saat jodoh belum datang, mengeluh. Saat belum mendapat pekerjaan atau bahkan ketika sudah memiliki pekerjaan pun, mengeluh.

Padahal, hanya pribadi yang tangguh lah yang mampu menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapinya; tangguh cara berpikirnya, tangguh sikapnya, tangguh keyakinannya. 

Dibalut dengan hikmah yang sarat makna, buku ini berisikan kisah-kisah sederhana yang kerap kita temui polanya dalam lingkungan sekitar kita sehari-hari. Melalui kisah-kisah tersebut, kita dapat belajar menjadi pribadi yang tangguh. 

Yang masih penasaran apaa sih isinya nih saya lihat kan daftar isinya dulu :


Nih bagian depan daftar isinya, sedikit cerita kenapa sih mau review buku ini. Jadi nih ketika di toko buku banyak banget segala macam judul buku. Ketika saya baca pertama kali daftar isi Senjata terdahsyat adalah doa, makin penasaran untuk melihat yang lainnya. 

Bener aja pilihan saya gak salah, buku ini kasih contoh-contoh di dalam kehidupan sehari-hari. Bagian yang paling saya suka nih yang judulnya "Di remehkan? Segera Buktikan."

Awal tulisan ada pembangkit semangat "Bisa saja orang yang saat ini kita anggap sebagai anak bawang, kelak menjadi pemenang. Bisa saja orang yang saat ini dianaktirikan, kelak menjadi pusat perhatian. 

Bisa saja orang yang saat ini kita remehkan, kelak menjadi sangat dibutuhkan. Intinya, jangan suka merendahkan dan jangan berkecil hati jika diremehkan. Buktikan bahwa kita bisa dan penilaian mereka salah." - Agusman 17An - 

Apalagi nih yang suka ditanyain kapan nikah? Jodohnya udah Dateng belom? Pasangannya mana? Dibuku ini dikasih judul "Jangan khawatir, jodohmu telah Allah siapkan."

Salah satu petuah sarat makna penggugah jiwa :

Tentang kamu yang tak kutahu siapa dirimu.
Tentang kamu yang tak kutahu persis raut wajahmu.
Tentang kamu yang tak kutahu saat ini dimana keberadaanmu.
Tentang kamu yang telah Allah sediakan untukku.
Tentang kamu yang dirahasiakan Allah terhadapku.
Ah, terlalu berbelit kalimat-kalimat itu.
"Jodoh", itulah maksud dari bait-bait itu.

Tentang jodoh, kita tak perlu galau, risau, pun tahu; karena jika Allah berkata "saatnya", maka ia tak akan salah alamat, tak salah tempat, tak salah tanggal, bulan, dan tahun. Pasti tertuju kepada orang yang tepat.

Cukup firman-Nya menjadikan kita tenang, bahwa Allah menciptakan kita berpasang-pasangan (lihat surah Yaasiiin ayat 36)

Siang saja ada pasangannya; malam. Manis saja ada pasangannya; pahit. Apalagi kita yang merupakan karya agungnya Allah.

Sebelum jodoh itu datang menyapa, kualitas dirilah yang seharusnya segera kita tata. Sesuai yang kita yakini bersama, jodoh kita sesuai dengan diri kita. 

Jadi, sangatlah bodoh diri kita jika menginginkan pasangan saleh/salihah, tapi tak berusaha menjadi saleh/salihah.

Betapa bodohnya kita jika berharap jodoh yang cerdas, tapi kita tak berusaha untuk terus belajar.

Betapa tak masuk akal kiranya jika kita mendamba pasangan yang taat, tapi kita kerap maksiat.

Betapa tak mungkin jika kita menginginkan jodoh yang berakhlak mulia, tapi kita berusaha memperbaiki diri hingga memiliki akhlak yang penuh pesona.

Semoga kita mampu menjemput seseorang yang telah terukir namanya di Lauhul Mahfudz dengan cara yang Allah ridhoi, bukan dengan cara yang Allah murkai. Aamiin.

Gak nyesel punya buku ini, bukan cuma tulisannya yang buat semangat tapi dikasih contoh yang memang seperti nyata di kehidupan sehari-hari.

Kalo ada man teman tanya beli nya dimana di toko buku Gramedia banyak. Kalo review semuanya kan kagak muat yak jadi enak punya sendiri bukunya hihihi.  Oia Semoga penulis sehat selalu dan ilmunya terus bermanfaat bagi orang banyak. Semoga review buku ini bermanfaat :)

TIDAK PERLU KECEWA BILA KESULITAN DATANG - Coretan Motivasi

Freepik.com

"Tak perlu lagi kita takut akan persoalan masa depan. Tak perlu lagi kita kecewa bila kesakitan datang menghadang. 

Tak perlu lagi kesulitan dan kesusahan yang menyapa membuat diri kita merana. Karena setelah kesakitan, pasti Allah hadirkan kesembuhan. 

Setelah kesusahan, pasti ada kemudahan. Setelah kesukaran, pasti ada kesenangan yang menakjubkan." (Agusman 17An)

Arif menanyakan suatu permasalahan kepada gurunya "Wahai Guru, apa yang harus aku lakukan agar selalu tetap yakin akan sampai pada tujuan, saat ingin menciptakan masa depan tetapi banyak kesulitan yang kuterima?

Bagaimana caranya agar hidupku tetap tenang dalam menghadapi segala kesulitan hidup?"

Gurunya diam sambil menatap lekat-lekat wajah Arif dengan penuh keheranan, lalu balik bertanya,"Ada apa denganmu?Apa kau dalam masalah?"

"Aku hanya ingin tahu, Guru," suara Arif terdengar merendah,"Bagaimana agar aku bisa seperti Guru yang selalu tenang dan senang dalam menjalani hari, tanpa pernah kulihat sedikit pun kesedihan di wajah Guru?"

Namun, bukannya jawaban yang Arif terima, justru sebuah perintah untuk mencari jawaban sendiri. "Temukanlah sendiri apa yang akan membuatmu tenang saat menghadapi berbagai kesulitan, Nak.

Dengan begitu, kau akan mengetahui nikmatnya hidup dan kau akan memberikan makna lebih dalam pencarian masalah hidupmu."

Hari demi hari Arif mencari sendiri jawaban pertanyaan yang menyesakkan dadanya,"Saat mendapat kesulitan, hal apa yang membuat diri merasa tenang?"

Ia menemukan lagu yang berjudul "berakit-rakit ke hulu, berenang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu baru kemudian berbahagia." Mendengar lirik itu seketika Arif merasa tenang dan mendapat sedikit pemahaman.

Namun, Arif juga menemukan lirik yang serupa  "Berakit-rakit kita ke hulu, berenang kita ke tepian. Bersakit dahulu senang pun tak datang, malah mati kemudian."

Karena ada perlawanan dengan lirik lagu yang kedua Arif tak mendapatkan jawaban yang membuatnya tenang.

Tak patah arang dan tak putus asa, Arif kembali kepada pencariannya atas jawaban yang bisa mengenyangkan akalnya dan mendamaikan jiwanya.

Seketika, pikirannya tertuju kepada mutiara keindahan penuh pesona. Sebelum menjadi mutiara murni dan perhiasan berharga dambaan kaum hawa, kerang itu harus ditempa terlebih dahulu dengan berbagai cobaan, ujian dan rintangan.

Sebelum menjadi perhiasan mewah yang berharga jutaan bahkan ratusan juta rupiah, mutiara harus melalu proses yang sulit menyakitkan. Terbentuknya mutiara tidak dalam waktu sehari dua hari, tapi bertahun-tahun.

Arif kembali disadarkan bahwa kesulitan adalah penyaring untuk menjadikan kebahagiaan yang sesungguhnya. Bahwa kesakitan akan membuahkan kemewahan dan ketinggian kualitas.

Masih ingin menambahkan dan memantapkan keyakinan Arif mencari sosok makhluk ciptaan Tuhan yang spesial. Ya, makhluk itu tak lain adalah manusia, sama seperti dirinya.

Ia cari sosok manusia yang menurutnya telah sukses. Ia cari profilnya, ia baca sejarah hidupnya, dan ia telusuri perjalanannya dalam meraih yang dicita-citakannya.

Akhirnya, Arif mendapat kesimpulan bahwa mereka yang selama ini ia lihat begitu bahagia, sebelumnya telah melewati masa- masa sulit, masa-masa pahit, dan masa-masa sakit dalam menciptakan masa depan. 

Barulah Arif percaya bahwa ketenangan hidup akan kita dapatkan bila kita yakin kesulitan apapun yang kita terima akan membuahkan hasil yang membahagiakan.

Ada kebahagiaan yang membuncah dalam diri Arif setelah pertanyaan yang pernah ia ajukan kepada gurunya terjawab. Arif merasa puas, dan kedamaian dalam dadanya, ada ketenangan merasuk ke dalam jiwanya.

Tak perlu ia takut akan persoalan masa depan. Tak perlu lagi ia kecewa bila kesakitan datang menghadang. Tak perlu lagi kesulitan dan kesusahan yang menyapa membuat dirinya merana, 

karena dirinya telah benar-benar yakin bahwa setelah kesakitan, pasti ada kemudahan; setelah kesukaran, pasti ada kesenangan yang menakjubkan.

Penutup : " Kesabaran adalah keharusan bagi siapa saja yang ingin menuai keuntungan dalam hidup. Kesabaran adalah modal dasar dan komposisi utama yang harus dimiliki mereka yang ingin mewujudkan segala mimpi."

(Sumber : Buku Menjadi Pribadi Tangguh Selalu Bersyukur dan Tidak Suka Mengeluh - Agusman 17An)

CARA MEMBALAS KEBURUKAN ORANG LAIN - Inspirasi dari Hanan Attaki

Freepik.com

Setiap manusia terkadang memiliki rasa kesal, sebal ataupun ingin rasanya membalas jika ada masalah yang membuat hati kita sakit. 

Misalnya jika ada yang mencela, menghina, mencaci maki, apapun itu yang membuat diri kita merasa tidak terima kita punya dua pilihan. 

Antara mengambil hak kita untuk membalas 'wa jaazau sayyiatin mitslaha' balasan dari satu keburukan adalah satu keburukan yang sama.

"Tapi bersabar dan memaafkan itu Khair kata Allah, lebih baik daripada membalas. Hak kita membalas, dia mencela kita, kita balas tetapi bersabar dan memaafkan lebih baik disisi Allah Subhana Wata'ala.

Apalagi kalau sampai mencela, gak boleh kalau sampai keburukan orang itu bikin dia dengki, sakit hati, dendam. 

Maka dua-duanya amalnya ke gantung diantara langit & bumi. Kan salah dia, tapi kan kita bisa memaafkan sehingga kalau kita gak memaafkan dia amalnya kegantung, amal kita ke gantung sama-sama rugi, Said Ust Hanan Attaki."

Yuk kita sama-sama belajar melapangkan dada kita untuk memaafkan kesalahan-kesalahan saudara kita. Caranya sederhana ingatlah kebaikan dia.#Sharing

Sumber : https://youtu.be/mUA4ADHzhMg

Monday, February 15, 2021

BERHARAP SAMA MAKHLUK SAAT ITULAH KITA LEMAH - Inspirasi dari Hanan Attaki

Freepik.com

Pernah ngerasain galau, kesepian, banyak masalah dalam hidup? Ini semua adalah hal biasa, Kok biasa? Jadi gini seberat apapun masalah atau kondisi yang sedang kita alami seberat apapun. 

Tidak perlu khawatir, tidak perlu cemas, semua pasti ada solusinya. Tapi balik lagi yang paling penting dalam hidup jangan pernah berharap sama makhluk.

Ketika kita tidak lagi berharap pada siapapun kecuali Allah saat itulah kita makin kuat. Ketika kita punya banyak harapan kepada makhluk saat itulah kita lemah.

"Terus kalau gitu, kita gak boleh bekerjasama dengan makhluk? Bukan, ini bab ikhtiar. Bedakan bab ini berdua, bab tawakal dengan bab ikhtiar. 

Bab zhohir bab tawakal, bab bathin yang kita omongin sekarang urusan batin, bab yakin kepada Allah. Ketika keyakinan kita mendua dari Allah kepada makhluk saat itu kita lemah.

Makin banyak makhluk yang kita harapkan dari dia makin kita lemah. Makin sedikit makhluk, makin kita kuat. Makin kita tidak ada siapapun kecuali Allah. Hasbunallah itulah puncak dari kekuatan kita, Said Ust Hanan Attaki."

Dekati Allah kalau kita merasa kesulitan, kesusahan, mendapatkan kesenangan kegembiraan apapun itu, selalu libatkan Allah disetiap aktivitas kita. #Sharing

Sumber: https://youtu.be/9WUbsfSvgxY

JANGAN MUDAH MENJUDGE ORANG - Inspirasi dari Hanan Attaki

Freepik.com


Merasa diri lebih baik dari orang lain? Jangan sampai sifat ini ada didalam diri kita, kenapa? Karena diri kita juga belum tentu lebih baik dari orang lain. Cukup berprasangka baik lah terhadap orang lain.

Seperti dalam memposting kebaikan "Gak semua orang yang memposting kebaikan itu dia riya'. Riya' itu amalan hati & kita gak tahu isi hati orang, yang tahu cuma Allah

Jadi kalo ada yang memposting lagi tahajud bareng di sebuah masjid, lagi itikaf, lagi taklim, tilawah Al Quran. Dan kita gak boleh menjudge seseorang dari isi hatinya

Karena yang tahu isi hati seseorang hanyalah Allah kewajiban kita atas apa yang tersembunyi adalah husnudzon. 

Kewajiban kita terhadap apa yang tampak adalah untuk memperbaikinya kalau dia salah, tapi kalau gak tampak yaudah husnudzon aja, Said Ust Hanan Attaki."

Jadi jangan buru-buru menjudge orang lain. Bukankah Nabi kalau menegur seseorang itu menyampaikan secara langsung dibelakang orang lain? 

Tidak didepan orang lain supaya orang itu tidak malu apalagi belum tentu itu salah. Jangan mudah terpancing dengan sifat paling benar sendiri. 

Karena di hadapan Allah manusia semua sama, Allah hanya melihat hati kita. Kalau hati kita selalu husnudzon pikiran akan tenang.#Sharing

Sumber : https://youtu.be/lWwj0mA5AKQ

Sunday, February 14, 2021

BERHENTI MEMBUAT RENCANA, MELANGKAHLAH!Bob Sadino - Coretan Motivasi

 

Google.com
"kamu ini bangun pagi, mandi, pamit kerja, pake seragam, kaki dibungkus sepatu, berangkat pagi pulang malam bayaran gak seberapa kerja apa dikerjain?" 

Kata-kata diatas sudah tidak asing lagi. Siapa lagi kalau bukan salah satu kata mutiara dari seorang pengusaha sukses yang biasa disebut Om Bob.

Lahir di Tanjung Karang Lampung 9 Maret 1933, Bob Sadino dikenal luas karena kesuksesannya sebagai pengusaha agrobisnis. 

Ia sering terlihat menggunakan kemeja lengan pendek yang menjadi ciri khasnya. Om Bob lahir disebuah keluarga yang hidup berkecukupan.

Anak bungsu dari 5 bersaudara, sempat bekerja di Djakarta Lylod di kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman.

Menetap di Belanda selama 9 tahun. Ketika di Belanda itu, Bob bertemu dengan pasangan hidupnya Soelami Soejoed. Pada tahun 1967 Bob & keluarga kembali ke Indonesia.

Ia membawa 2 Mercedes miliknya, salah satunya di jual untuk membeli sebidang tanah, sementara uang lain tetap ia simpan.

Setelah beberapa lama tinggal dan hidup di Indonesia, Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya karena ia memiliki tekad untuk bekerja secara mandiri.

Pekerjaan pertama setelah keluar dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang ia miliki. Ia sendiri yang menjadi sopirnya. 

Namun, suatu ketika mobil itu disewakan ternyata, bukan uang yang kembali tetapi berita kecelakaan yang menghancurkan mobilnya. "Hati saya ikut hancur," kata Bob kehilangan sumber penghasilan.

Karena tak punya uang untuk memperbaikinya, Bob beralih menjadi tukang batu. Gajinya ketika itu hanya 100. Ia sempat depresi akibat tekanan hidup yang dialaminya.

Suatu hari, temannya menyarankan Bob memelihara ayam untuk melawan depresi yang dialaminya. Bob tertarik ketika beternak ayam itulah muncul inspirasi berwirausaha.

Bob memperhatikan ayam-ayam ternaknya, ia mendapat Ilham, ayam saja bisa berjuang untuk hidup tentu manusia pun juga bisa.

Dengan berjalannya waktu sambil belajar untuk terus berusaha berdagang. Keberhasilan Bob tidak terlepas dari ketidaktahuannya. Sehingga ia langsung terjun ke lapangan setelah jatuh bangun.

Bob terampil dan menguasai bidangnya, proses keberhasilan Bob berbeda dengan kelaziman. Mestinya dimulai dari ilmu, kemudian praktik lalu menjadi trampil & profesional.

Menurut Bob, banyak orang yang memulai dari ilmu berpikir & bertindak serba canggih, arogan karena merasa memiliki ilmu yang melebihi orang lain.

Sehingga ada kata motivasi yang dibuat oleh Om Bob " Orang goblok itu gak banyak mikir yang penting melangkah. Orang pintar kebanyakan mikir akibatnya tidak pernah melangkah."

Sumber : https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/19/150500865/mengenang-pengusaha-nyentrik-bob-sadino-dan-perjalanan-hidupnya-?page=all#page2

KE GE'ERAN JUGA GAK BAIK - Inspirasi dari Hanan Attaki

Freepik.com

Hidup juga terkadang harus memahami kapan waktunya untuk muhasabah diri. Muhasabah diri atau evaluasi diri untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang selama ini kita perbuat agar kedepannya lebih baik lagi.

Jangan terlalu kege'eran dalam menyikapi kenikmatan yang terus menerus diberikan oleh Allah.

Karena setiap yang diberikan oleh Sang pencipta berupa kenikmatan ataupun ujian kita harus selalu bersyukur. 

Terkadang kenikmatan yang selalu diberikan jangan membuat diri kita terlena, dan memiliki sifat tidak mau berbagi ke sesama.

Begitu juga saat kita tertimpa musibah, tidak semua musibah mendatangkan hal yang buruk. Ini justru Allah sayang banget sama makhluknya, karena setiap musibah pasti ada hikmahnya

"Kalau orang lain yang kena musibah kita bilang untuk mengangkat derajat dia, kalau kita yang kena musibah kita bilang ini karena dosa-dosa saya.

Sudut pandang seperti ini lebih enak, lebih produktif. Dari pada di balik giliran kita yang kena musibah kita bilang emang Allah pengen angkat derajat saya, makanya dikasih musibah 

Agak ge'er ya, giliran orang lain kena musibah 'elu si banyak dosa' sering ada judgment kalau ke orang lain, coba dibalik judgmentnya ke diri sendiri ke orang lain itu khusdnuzon, Said Ust Hanan Attaki."

Berusaha untuk selalu belajar terus menerus menjadikan diri ini lebih baik lagi, tapi kalau ke orang lain kita lebih baiknya berkhudnuzon.#Sharing

Sumber : https://youtu.be/002rRszen8I