Sunday, January 24, 2021

CARA AGAR HATI TIDAK MUDAH KECEWA - Coretan Motivasi

Freepik.com


Seringkali ketika keinginan kita belum tercapai rasa ingin menyerah akan hadir. Kekecewaan yang membuat diri kita down dalam berusaha akan menjadi kegelisahan pada diri. 

Padahal, begitu banyak nikmat dari Allah yang diberikan kepada kita. Bahkan nikmat yang diterima setiap detiknya tidak dapat di hitung.

"Manusia itu sangat mudah kecewa karena terlalu bergantung pada dirinya sendiri, tak terlalu yakin dengan Tuhannya, jarang melibatkan Allah dalam segala usahanya, dan kurang kukuh tawakalnya kepada Allah setelah melakukan segala ikhtiar." 

Memang, ada banyak sekali faktor yang membuat diri kita mudah kecewa. Kita amat gampang kecewa karena kita tak menikmati segala proses yang kita tempuh. 

Jadi, salah satu jalan pintas dan sikap yang harus kita pegang kuat dalam menjalani apa saja yang kita tak ketahui hasilnya adalah menikmati prosesnya.

Ya, menikmati proses usaha, dia dan tawakal kita kepada Allah. Cara ini akan meminimalkan rasa kecewa yang akan hadir dalam diri dan menebas tuntas kekecewaan yang akan hinggap berkepanjangan. 

So, tugas kita berbaik sangk kepada-Nya. Saat diri terasa tak mampu, ingatlah, selalu ada Allah yang memberi kemampuan kepada diri. 

Saat diri terasa sulit, yakinlah, selalu ada Allah yang akan mengubah kesulitan menjadi kemudahan. 

Saat diri khawatir atas hasil yang akan diterima dari usaha, berbaik sangka lah kepada-Nya. 

Kelak, Allah akan memberikan ganjaran kenikmatan di dunia dan di akhirat yang tak bisa kita ungkapkan dengan kata-kata.

(Sumber buku : Menjadi Pribadi Tangguh Selalu Bersyukur & Tidak Suka Mengeluh - Agusman 17An)

0 comments:

Post a Comment