Wednesday, July 29, 2020

REVIEW BUKU | KATA - Penulis Rintik Sedu




Assalamua'alaikum man teman...
Gimana kalian kabarnya? ya ampun udah lama banget yah saya gak review buku.

Sejujurnya kangeennn banget untuk menceritakan apa isi dari buku-buku yang saya sudah baca. Kali ini buku yang benar-benar butuh kesabaran dalam memperjuangkan seseorang. Bukan selayaknya tentang cinta yang terlalu berlebihan, tapi ini memang sebuah kesabaran untuk mendapatkan cinta yang tulus.

Di kemas menjadi sebuah cerita yang bikin pembacanya merasakan, betapa sabarnya seorang tokoh nugraha yang mempunyai kotak kesabaran yang begitu besar dalam menghadapi orang yang tidak menyayanginya.

Isi dari synopsis menjelaskan Nugraha "Andai bisa sesederhana itu, aku tidak akan pernah mencintaimu sejak awal. Aku tidak akan mengambil risiko, mengorbankan perasaanku. Namun, semua ini di luar kendaliku. Biru "Banda Neira adalah hari-hari terakhirku bersamamu.

Kutitipkan segala rindu, cerita, dan perasaan yang tak lagi kubawa. Berjanjilah kau akan melanjutkan hidupmu bersama laki-laki yang bisa menjaga dan menyayangimu lebih baik dariku. Binta "Cinta pertama seorang perempuan yang didapat dari laki-laki adalah dari ayahnya. Dan cinta pertama itu, telah mematahkan hatiku. Ayahku sendiri membuatku berhenti percaya dengan yang namanya cinta.

Nugraha, Biru, dan Binta saling membelakangi dan saling pergi. Mereka butuh kata-kata untuk menjelaskan perasaan. Mereka harus bicara dan berhenti menyembunyikan kata hati serta mencari jawaban dari sebuah perasaan.

Sedikit cerita si, lihat buku ini tadinya gak tertarik sama sekali untuk dibaca karena kenapa singkat banget ya judulnya malah semakin penasaran ingin baca. Ternyata bener deh memang jangan lihat dari sampulnya baca dulu isi ceritanya. Banyak pengalaman yang bisa didapat dari cerita ini tentang arti sebuah cinta.

Salah satu bagian yang paling saya suka ketika Nug dan Binta bertengkar karena salah paham dengan mengatakan :

"Ta, kamu tau, nggak? Dulu, waktu aku masih kelas 3 SD, aku hampir nggak naik kelas karena nilai IPA dan matematikaku di bawah rata-rata. Ayah marah besar. Tapi bunda bilang, tidak ada yang tidak bisa dilakukan manusia asal mau bersungguh-sungguh.

Sejak saat itu, aku punya mimpi. Terdengar tinggi, padahal sederhana. Mimpiku adalah mewujudkan hal-hal yang tadinya kukira mustahil. Seperti IPA dan Matematika. Aku bermimpi bisa menguasai dua mata pelajaran itu, aku mengerti bahwa mimpi adalah suatu yang mustahil tapi bisa dijadikan nyata.

Tapi pemahamanku berubah saat aku jatuh cinta sama kamu. Aku kira semua mimpi bisa diwujudkan seperti kata Bunda, asal aku mau bersungguh-sungguh. Sayangnya, kamu adalah persoalan yang berbeda, cara penyelesaiannya pun juga berbeda. Kamu adalah cinta yang tak pernah kutemukan sebelumnya, Ta, tetapi sekarang aku menyerah, aku mengalah.

Bunda pernah bilang, ketika kita benar-benar menyayangi seseorang, yang kita butuhkan hanya melihatnya bahagia. Itu sudah cukup. Aku tak berhasil menahan kepergianmu, aku sadar bahwa Biru adalah bahagiamu satu-satunya. Untuk apa aku berusaha mewujudkan mimpimu, bila Birulah yang kau butuhkan.

Mengenalmu, bicara denganmu, mencintaimu, dan kini merelakanmu, adalah anugerah terindah untukku, Ta. Semua itu adalah petualangan paling menakjubkan yang pernah terjadi di hidupku. Paling tidak, kini kamu sudah tahu sebesar apa perasaanku untukmu. Namun, bila pada akhirnya kamu harus pergi dan memilih Banda Neira, maka tak ada lagi yang bisa ku lakukan kecuali mendoakanmu."

Kata yang terucap dari Nugraha untuk orang yang disayangi tapi tidak menyayanginya. Begitu sabar menghadapi Binta yang keras kepala belum bisa menerima nug. Masih ada orang lain dipikiran Binta.

Belajar bahwa syukuri apa yang ada didekat kita itu sangat penting. Karena memang kesempatan cuma datang sekali, orang yang kita sayang belum tentu menyayangi kita. Tapi orang yang menyayangi kita tentu benar-benar sayang. Perasaan itu memang butuh proses tapi lebih asyik lagi orang yang benar tulus adalah orang yang menyayangi kita.

Bakalan terjawab semua dibuku ini tentang arti kesabaran yang memang butuh tantangan resiko besar dalam merasakan kekecewaan. Bagus bukunya recomended bangetlah untuk dibaca, apalagi sekarang lagi banyak di rumah aja. Tambahin Buku tentang Kata dikoleksi man teman. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment