Tuesday, June 2, 2020

SIAPA SIH ORANG YANG BENAR-BENAR BANGKRUT DALAM HIDUP? - Inspirasi dari Hanan Attaki

Kehidupan yang kita jalani tidak bisa ditebak hanya dengan perkiraan. Semua sudah ada yang mengatur, apalagi dengan ibadah yang kita jalani. Semua sudah menjadi rahasia yang kita tidak akan pernah tahu. Tapi berusaha untuk menjadikan diri lebih baik itu harus, menjauhkan dari laranganNya itu wajib. Siapa sih orang yang benar-benar bangkrut dalam hidup?

"Kadang-kadang ada orang yang ibadahnya tuh bagus banget malam hari tapi siangnya habis. Makanya nabi menyebutnya dengan istilah muflis orang yang bangkrut. Bukan orang miskin tapi orang bangkrut. Karena kalau orang miskin gak mungkin bangkrutksn? Apa yang mau dibangkrutkan karena gak ada yang lebih misalnya kan? Orang bangkrut itu orang kaya tapi  jatuh miskin. Itu namanya orang bangkrut muflis bahasa hadistnya.

Siapa orang yang bangkrut kata nabi? Kata sahabat, orang yang kehiangan uangnya ya Rasul. Orang yang kehilangan untanya ya Rasul. Orang yang kehilangan hartanya ya Rasul. Kata nabi bukan itu ada yang lebih parah. Siapa? Orang yang kehilangan pahalanya. Kenapa bangkrut? Mungkin dia ahli Quran, tapi dia juga suk berburuk sangka dan membicarakan aib orang lain. Mungkin dia ahli tahajud tapi siangnya membicarakan aib orang lain ini nih yang bahaya, Said Ust Hanan Attaki.

Hati-hati dalam bersikap maupun melakukan sesuatu hal. Sayang banget kalau hanya hal yang tidak diinginkan membuat bangkrut amal kita. Allah mengetahui apa yang ada didalam hati kita. Berbuatlah layaknya seseorang yang akan meninggalkan dunia setiap detiknya. Minta ampunlah semuanya hanya kepada Allah dengan berdzikir selalu mengingat Allah. Maka hidup kita InsyaAllah akan tenang dan tentram. #Sharing

0 comments:

Post a Comment