Saturday, June 27, 2020

KISAH PEMUDA BERSEDEKAH DENGAN ORANG YANG SALAH - Coretan Inspirasi


Sebuah cerita Rasulullah SAW pernah mengisahkan orang yang bersedekah tiga kali salah. Yang pertama ia berdoa " Ya Allah, malam ini saya ingin sedekah. Tunjukkan saya seseorang yang membutuhkan sedekah."

Lalu dia keluar dari rumahnya, dia menemukan seseorang laki-laki. Dan dia katakan ini adalah sedekah untukmu. Dia kasih uangnya, hartanya, sedekah untuk laki-laki tersebut. Besok pagi tiba-tiba, orang-orang di kampung itu gempar.

Mengatakan bahwa, semalam ada seorang pencuri dapat sedekah. Sehingga laki-laki yang bersedekah ini, merasa dia salah sudah bersedekah pada pencuri. Dia sedih seharian. Malam kedua dia berdoa lagi " Ya Allah, tunjukkan saya seseorang yang berhak menerima sedekah.

Saya akan berikan harta saya pada dia, semoga menjadi manfaat." Keluar dari rumah dia melihat seorang perempuan lalu dia berikan sedekah, lalu perempuan ini menerima. Besok pagi orang-orang pada heboh dan mengatakan semalam seorang pezina, pelacur mendapatkan sedekah.

Dia merasa menyesal lagi dan merasa sedekahnya sia-sia dan salah. Akhirnya malam ketiga dia berdoa lagi " Ya Allah, kali ini beri saya petunjuk. Saya ingin bersedekah pada orang yang berhak menerima sedekah." Dia keluar dari rumahnya.

Dia melihat seorang laki-laki lewat dia berikan sedekah. Lalu laki-laki itu diam saja sambil mengambil apa yang diberikan. Besok pagi orang mengatakan, semalam ada orang kaya dapat sedekah. Tiga kali dia bersedekah, tiga kali ia merasa gagal.

Tiga kali merasa salah, kenapa yang pertama dia sedekah kepada pencuri, kedua dia sedekah kepada pezina, ketiga ia bersedekah kepada orang kaya. Sehingga ia merasa sepertinya Allah tidak mengabulkan keinginannya. Malam keempat dia tidur dan dia bermimpi.

Dalam mimpinya, Allah mengutus pada laki-laki ini seorang malaikat untuk memberi tahu kepada dia tentang sedekahnya. Malaikat ini mengatakan ya fulan, sedekahmu yang pertama Allah terima karena ketika kamu bersedekah kepada pencuri.

Itu telah menghalangi dia dari mencuri, karena dia tidak butuh lagi mencuri untuk mendapatkan harta. Sedekahmu yang kedua juga, Allah terima karena lewat sedekahmu. Kamu telah menghalangi seseorang dari berzina, karena dia sudah mendapatkan apa yang dia butuhkan.

Sehingga tidak perlu berzina. Sedekahmu yang ketiga juga Allah terima karena dengan sedekahmu, kamu telah menyadarkan orang kaya yang kikir. Sehingga sekarang ia menjadi orang kaya yang dermawan.

Inilah keberkahan dari niat yang baik, ini penjelasan bahwa amal itu tergantung pada niat. Kenapa saya tulis ulang karena ini benar-benar pembelajaran buat diri kita dan juga saya. Yang hanya memandang seseorang dari kasat mata.

Padahal Allah telah mempunyai rencana yang indah untuk diri kita. Tetaplah berbuat baik apapun kondisinya, maka Allah akan mengetahui dibalik hati kita. Sesungguhnya Allah membalas, memberi ganjaran, memberi pahala sesuai apa yang kita niatkan. Allah tidak melihat penampilan kita, Allah tidak melihat perbuatan kita, tapi Allah melihat isi hati kita. #Sharing


0 comments:

Post a Comment