Friday, May 29, 2020

IKHLAS ITU BUKAN BERARTI TIDAK BERHARAP - Inspirasi dari Hanan Attaki

Kehilangan sesuatu yang berharga dalam hidup kita adalah hal menyakitkan. Tapi itu semua bukan berarti menjadikan diri kita untuk terus terperangkap dalam kondisi yang membuat kita tidak bangkit dari keterpurukan. Berharap untuk menjadikan diri lebih baik lagi itu hal yang harus dilakukan.

Bukan hanya berdiam diri dan berkhayal seandainya itu tidak terjadi, tidak bisa! karena semua sudah ada yang mengatur. Begitu juga saat kita menginginkan sesuatu harus berharap sepenuhnya. Sama siapa? ya tentunya sama Allah.

"Kalo ga ngarepin apa-apa dalam islam, itu sombong. Kita ga boleh beramal soleh dengan mengatakan, saya ga berharap surga, saya ga takut neraka. Saya mah beramal soleh karena cinta sama Allah, itu sombong. Karena Allah yang menawarkan kita surga, Allah yang menawarkan kita terbebas dari api neraka. Seolah-olah Allah ngasih tau sesuatu kepada kita terus kita bilang, saya gak butuh, itu sombong, Allah gak suka hamba-hamba kayak gitu.

Jadi ikhlas itu bukan ga berharap apa-apa. Ikhlas itu dalam definisinya bahasa arabnya, ikhlas itu artinya tidak berharap apapun, kecuali hanya kepada Allah. Kalo ke Allah, segalanya dihati berharap akhirat dan berharap dunia. Jadi kalau orang beribadah karena berharap rizkinya lancar, itu ikhlasnya berharapnya Allah.

Kalau beribadah berharapnya kuliahnya dapat nilai bagus itu ikhlas. Kalau beribadah berharap supaya urusan pernikahannya dimudahkan, itu ikhlas berharapnya ke Allah. Apalagi kalau yang diharapkan dari Allah lebih besar porsi akhirat daripada dunia itu ikhlas banget, Said Ust Hanan Attaki."

Dalam diri kita harus berharap apa yang kita inginkan bukan hanya pasrah gitu aja. Karena Apa yang kita minta harus detail dalam meminta sesuatu. Walaupun Allah tahu semua apapun itu yang ada didalam hati kita. Harus berusaha untuk lebih spesifik dalam mengharapkan kehidupan yang lebih baik dalam mewujudkan keinginan kita minta saja sama Allah. #Sharing 

0 comments:

Post a Comment