Sunday, April 19, 2020

JANGAN MENCARI KESALAHAN ORANG LAIN -Inspirasi dari Hanan Attaki

Tidak ada orang yang sempurna melainkan orang-orang yang ingin memperbaiki diri. Jangan pernah mencari kesalahan orang lain karena diri kita perlu bercermin apakah yang dilakukan oleh diri kita sudah baik atau benar atau malah sebaliknya. 

Jangan cari-cari kesalahan, kenapa? karena tidak dicari aja ketemu ngapain dicari-cari. Pasti ketemu, insyaAllah pasti ketemu karena manusia tempatnya salah dan khilaf.

"Gak usah dicari kesalahan seseorang sehingga kalau kita cari teman yang sholeh. Ada teman kita yang ngajakin hijrah, kita jadi rajin solat subuh. 

Subuh sudah adzan terus miscall-miscall kita terus, setahun kita reject terus. Lama-lama Allah kasih kita hidayah akhirnya kita jadi rajin solat subuh diajak dia, jadi ke taklim kemudian hijrah.

Suatu saat dia lengah lagi lemah imannya, kita yang lagi rajin-rajinnya beribadah. Kita lihat dia melakukan satu kesalahan misalnya subuh-subuh kita ngejapri dia ga dibalas-balas kemudian balasnya baru jam delapan, subuhnya kesiangan. Dia itu manusia bahkan dia telah mengakui bahwa dia telat gimana ya iman saya lagi lemah.

Baca Juga : Cara Membentuk Rasa Di dalam Hati

Disitulah tugas mukmin untuk mengingatkan bukan malah menjudge, menghakimi bahwa dia selama ini munafik ngajak-ngajak hijrah ternyata kamu sendiri tidak. 

Sapa tau dengan mengatakan kebaikan, mengajak orang kepada kebaikan kita jadi termotivasi untuk mengamalkannya. Kita jangan langsung menghakim kepada teman kita yang sedang lemah imannya, kamu munafik. 

Jangan cela dia karena bisa jadi dia yang kita cela lebih baik di sisi Allah dari pada kita yang mencela, Said Ust Hanan Attaki."

Mesti saling mengingatkan dalam kebaikan karena setiap kebaikan yang kita tularkan akan mengalir juga terhadap diri kita. 

Semakin banyak orang baik semakin indah hidup ini. Jangan pernah mencela apa yang ada pada diri orang lain, intropeksi diri saja itu yang lebih baik. #Sharing

0 comments:

Post a Comment