Sunday, April 5, 2020

5 HAL YANG BISA KITA SYUKURI TERUS MENERUS SEPANJANG HIDUP INI

Apa yang dimiliki orang lain terkadang terbesit dipikiran kita ingin memiliknya. Bukan hanya ingin memiliki bahkan rasa lebih didalam diri untuk mendapatkan yang tidak dimiliki orang lain suka terlintas dibenak kita. Ini semua terjadi karena kita belum merasa puas dengan apa yang kita punya sekarang. Untuk itu apa aja sih hal yang bisa kita syukuri terus menerus agar hidup kita selalu bahagia dengan apa yang kita punya.

1. KELUARGA

Tak ada alasan bagi kita untuk tidak mensyukuri keluarga yang kita miliki. Kita punya ayah, ibu, saudara, adik, istri, anak, dan seluruh anggota keluarga kita. Kita bersyukur dikelilingi keluarga yang mencintai dan menyayangi kita. Sebagian kita mungkin sudah ditinggal ayah atau ibunya. dan bahkan sudah ditinggal keduanya. Jika orang tua masih ada di samping kita, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangi kita.

Berilah kebahagiaan kepada mereka, alih-alih membuat mereka justru bersedih. Jika orang tua sudah tiada, doakanlah mereka. Panjatkan doa-doa terbaik untuk mereka dalam setiap shalat kita. Lakukanlah kebaikan agar kelak menjadi amal jariyah yang pahalanya juga mengalir bagi orang tua kita.

2. KESEHATAN

Kata Nabi Saw, di antara nikmat yangsering diabaikan manusia adalah nikmat sehat. Ketika sehat, kita lupa untuk menjaga kesehatan, kita seakan-akan tidak sadar bahwa kapan saja Allah bisa menguji kita dengan sakit. Ketika sehat, kita tak pernah menggunakan tubuh kita yang sehat untuk beribadah, mengisi hari-hari dengan kebaikan. Tapi, saat sakit menimpa, kita buru-buru ingat kepada Allah. Kita membasahi bibir dengan terus mengucap zikir.

Kita baru sadar bahwa melalui sakit, Allah Swt bisa mencabut nikmat hidup dari kita. Astagfirullah.
Maka pergunakanlah masa-masa sehat kita untuk terus memupuk kebaikan, memperbanyak amal saleh, dan berbagi kebaikan dengan sesama.

3. HAL-HAL KECIL

Pernahkah memperhatikan dan mencium bunga mawar? Mungkin terdengar biasa, dan bahkan konyol, tetapi cobalah lain kali. Ada banyak hal kecil yang harus kita syukuri. Seperti hangatnya sinar matahari, suara burung di pagi hari, tetesan hujan setelah seharian panas, dan masih banyak lagi. Menurut suatu studi di Amerika Serikat. Salah satu komponen hidup bahagia adalah jika kita bersyukur atas hal-hal kecil yang terjadi.

Baca Juga : 5 Cara Kunci Sukses Steve Jobs Pemilik Produk Apple

4. TEMAN DAN SAHABAT

Kata Nabi Saw "Mukmin kuat yang pandai bergaul dan sabar menghadapi lika-liku pergaulan lebih baik daripada mukmin lemah yang tidak pandai bergaul dan tidak sabar menghadapi lika-liku pergaulan" (HR Al-Tirmidzi).

Apa maksud hadis ini? Perbanyaklah teman, tapi jangan salah pilih teman. Bertemanlah dengan siapa saja yang bisa menuntun kita ke jalan kebaikan. Bersyukurlah bila memiliki teman dan sahabat yang senantiasa mendoakan saat kita senang dan bahagia, serta mendukung dan menguatkan saat kita terpuruk.

5. MASA KINI 

Bersyukurlah untuk pekerjaanmu saat ini, walau kamu tak menyukainya. Bersyukurlah untuk kendaraan yang kamu miliki, sepeda, motor, ataupun mobil. Semua hal ini membuat hidupmu menjadi lebih mudah. Kenapa tidak mensyukurinya?

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kamu akan menambah (nikmat) kepadamu.
(QS Ibrahim [14] : 7)

Hal-hal yang kita hargai, pelihara, dan jaga akan terus meningkat dalam hidup. Kelimpahan dimulai dengan rasa syukur.

Dengan rasa syukur yang tulus, kita menghargai apa yang telah kita miliki, yang selanjutnya akan mendorong kita secara mental, spritual, dan fisik untuk mencapai apa saja yang menjadi tujuan kita.

Bagaimana mungkin kita mendapatkan hal-hal yang lebih besar, bila kita tidak bersyukur atas apa yang telah kita miliki saat ini?

(Sumber : @nasihatku - Ya Allah Aku Mah Apa Atuh. Tanpa cinta-Mu, Aku bukanlah apa-apa)

0 comments:

Post a Comment