Thursday, February 13, 2020

JANGAN TERLALU RISAU DENGAN REZEKI KITA - Coretan Inspirasi


Jangan terlalu risau dengan rezeki kita. Kerjakan saja yang terbaik, yang kita mampu, sertai dengan berdoa sekhusyuk mungkin, hanya itu tugas kita. Prestasi dan rezeki pasti akan diberikan oleh Allah. 

Jangan pernah mengejar prestasi, tapi jadilah pribadi yang dikejar oleh prestasi. Caranya? Lakukan aktivitasmu dengan totalitas. 

Jangan pernah mengejar uang. Jadilah pribadi yang dikejar uang. Caranya? Totalitaslah dalam bekerja dan bekarya.

Tak sedikit mahasiswa ketika ditanya,"Mengapa kami memilih jurusan ini?" Ia lantas menjawab,"Karena ini prospek kerjanya bagus."

Ya, pembelajaran yang kita lalui disekolah atau kampus sering kali didominasi oleh dorongan meraih pekerjaan yang mapan di masa depan. Jurusan yang prospek kerjanya tidak jelas atau finansialnya kurang menarik sering kali tidak begitu diminati,

Jika motivasi sekolah dan kuliah hanya demi pekerjaan, dampak buruknya adalah kita tidak akan menikmati prosesnya. Yang penting cepat lulus, selesai, agar bisa segera dapat kerjaan yang diinginkan.

Dampak yang lebih serius adalah efek akhirat kita. Bayangkan kita melakukan aktivitas puluhan tahun di lembaga pendidikan formal, tapi ternyata tidak punya nilai sama sekali dihadapan Allah ta'ala. Bayangkan, kita sekolah dan kuliah bertahun-tahun, tapi kelak di hari perhitungan amal kita terkejut dengan catatan amal kita yang bernilai nol, bahkan minus.

Kita lantas komplain kepada Allah,"Ya Allah, bukankah dulu aku saat di dunia aku tiap hari bersekolah dan kuliah, bahkan puluhan tahun sibuk dengan aktivitas itu. Lalu mana catatan pahala dari semua itu?"

Betapa menyesalnya kita jika jawaban dari Allah seperti ini, "Kamu dulu sekolah dan kuliah untuk siapa? Apakah untuk-Ku?" Astagfirullah.

Jangan terlalu risau dengan rezeki kita. Kerjakan saja yang terbaik, yang kita mampu, sertai dengan berdoa sekhusyuknya mungkin, hanya itu tugas kita. Prestasi dan rezeki pasti akan diberikan oleh Allah.

Baca Juga :  Belajar Hidup Berjuang Dengan Sabar Dari Seekor Kupu-kupu

Jangan pernah mengejar prestasi, tapi jadilah pribadi yang dikejar oleh preestasi. Caranya? Lakukan aktivitasmu dengan totalitas. Jangan pernah mengejar uang. Jadilah pribadi yang dikejar uang. Caranya? Totalitaslah dalam bekerja dan berkarya.

Rasulullah pun bersabda,"Seandainya anak Adam lari dari rezekinya sebagaimana dia lari dari kematian, maka rezekinya pasti akan menjumpainya sebagaimana kematian menjumpainya."

Karena itu, jangan menghabiskan usia dengan mengkhawatirkan jatah rezeki kita, karena sudah terjamin, Dengan pemahaman itu insya Allah kita tidak mudah merasa iri dan dengki pada orang lain. Rezeki tak pernah tertukar. Rezeki tak pernah kesasar.

Nabi juga pernah berkata,"Setiap jiwa tidak akan mati sampai sempurna ajalnya dan dia habiskan semua jatah rezekinya. karena itu, bertakwalah kepada Allah dan perbaguslsah cara dalam mengais rezeki."

(Ahmad Rifa'i Rif'an - Generasi Emas, 100 cara menjadi generasi unggul, berprestasi dan berkonstribusi) 

0 comments:

Post a Comment