Friday, January 3, 2020

5 CARA KUNCI RAHASIA UNTUK BELAJAR IKHLAS

Mengikhlaskan seseorang yang kita sayang bersama orang lain, sulit ga sih? Ada yang pernah mengalami hal seperti ini sampai mau melakukan kegiatan apapun jadi terasa tidak bersemangat?

Kalau hati kita tidak ikhlas untuk menerima kenyataan, hidup kita tidak akan tenang. Justru, semua yang kita alami, kejadian yang menimpa didalam hidup kita jadikan pelajaran hidup untuk lebih baik lagi kedepannya.

Hidup yang kita jalani sangat-sangat singkat di dunia ini. Karena apa yang kita punya sekarang ini semua hanya titipan tidak ada yang abadi. Maka untuk apa menahan sesuatu yang bukan milik kita, sakit hati.

Ada 5 cara latihan ikhlas  :

1. Jangan selalu ingin diketahui orang amal kita 

Harus punya banyak amal rahasia. Boleh diketahui orang amalan fardhu (sholat 5 waktu), amalan  sunnah diketahui orang. Tapi amalan sunnah lebih bagus tidak semua orang tau. Semakin banyak amal rahasia hanya Allah yang tahu makin bagus. Tapi kalau ada orang lain tahu ya tidak apa apa, karena bukan tujuan kita ingin dinilai orang.

2. Jangan selalu ingin dilihat orang lain

Kalau ada orang bagus, kalau tidak ada orang tidak bagus amalnya udah yakin itu karena orang. Harusnya tidak ada orang, ada orang sama saja ada Allah. Orang tahu, orang tidak tahu sama saja Allah pasti tahu.

3. Jangan ingin dipuji

Kalau dipuji semangat, tidak dipuji tidak semangat, dicaci patah semangat udah pasti itu tidak karena Allah. Orang yang karena Allah santai aja. Lagi dipuji urusan dia, dicaci ya urusan dia. Mau tidak dihargai ya tidak apa apa. Urusan kita cuma satu, apa yang kita lakukan diterima oleh Allah. Orang yang kurang ikhlas dipuji makin tambah semangat, giliran tidak ada yang muji tidak semangat karena memang tujuannya pujian makhluk.

4. Jangan ingin dihargai

Diperlakukan spesial, semakin ingin diperlakukan spesial makin sering terluka. Biasa saja, karena kita sebenarnya tidak pantas untuk dihargai orang. Aslinya mah tidak pantas. Kita tidak perlu bangga dengan apa yang sudah kita lakukan terhadap orang lain. Serahin aja semuanya sama Allah. yakin saja Allah pasti akan melihat apa yang kita lakukan.

5. Jangan ingin dibalas budi

Lakukan lalu lupakan. Perlukah kita mengingat kebaikan kita? tidak perlu, mau apa? Allah pasti ingat. Perlukah kita menyebut-nyebut jasa kebaikan kita? mau apa, disebut-sebut malah hilang pahalanya. Karena bukan kita yang menolong orang, Allah yang menolongnya melalui perantara kita. Perlukah kita menuntut orang lain untuk tahu apa yang kita lakukan? TIDAK. Perlukah kita menunggu orang lain untuk berterima kasih? Tidak, jalan saja produktif terus. Setiap waktu berbuat yang terbaik PDLT (Perbaiki Diri Lakukan Yang Terbaik) itu saja terus, sampai kapan? sampai mati dalam keadaan baik khusnul khotimah.

Baca Juga : Mencintaimu Karena Allah

Setiap perbuatan yang kita lakukan cukup niatkan hati kita untuk Allah, ini satu-satunya cara agar hidup kita tenang. Tidak perduli orang lain tidak suka, karena sebenci-bencinya orang lain ke kita mau kita berbuat baik pun akan tetap dibenci. Secinta-cintanya orang lain terhadap kita, walaupun melakukan kesalahan dia akan tetap cinta dan memaafkan. Jalan aja terus lakukan yang terbaik untuk hidup kita, hanya kepada Allah.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=5yv40354x0k

0 comments:

Post a Comment