Friday, November 29, 2019

JANGAN KEBANYAKAN TERTAWA - Inspirasi dari Hanan Attaki



Biasanya kalau kita ingin bercanda membuat hati kita merasa bahagia karena biar tidak bosan. Bercanda untuk menghilangkan sedih, bercanda untuk menghilangkan stres, bercanda supaya mendapatkan energi baru. Ternyata ada yang lebih efektif dari pada bercanda kalau kita ingin semangat lagi. kalau kita ingin survive dari sebuah masalah ada yang lebih efektif dari bercanda, walaupun bercanda itu boleh. Apa yang lebih efektif ? MENANGIS.

"Menangis itu menitikkan air mata itu lebih powerfull dari pada tertawa. Cuma kita lebih sering memilih tertawa dari pada menangis. Sama kaya orang lebih senang minum kopi, walaupun minum kopi itu boleh  daripada minum air putih. Padahal lebih menyehatkan minum air putih cuma kan tidak ada sensasinya. Coba kita ubah mindset dari boleh minum kopi tapi yakinlah air putih lebih baik daripada kopi. Karena kata Rasulullah air itu bersih dan membersihkan.

Nah, bercanda sama menangis ibaratnya sama, boleh bercanda tapi jangan kebanyakan. Bercanda sewajarnya saja, tapi banyaklah menangis karena menangis itu air mata kita menggugurkan dosa dan membersihkan hati yang kotor. Air mata itu seperti hujan kalau di Arab hujan itu diibaratkan membersihkan rumah, daun-daun dari debu karena mereka dipadang pasir daun banyak yang berdebu dibersihkan oleh hujan. Maka dari itu air mata membersihkan hati seseorang, Said Ust Hanan Attaki.

Coba nanti bayangkan kesan habis ketawa sama habis nangis. Habis ketawa seru tapi capek, tapi kalau nangis InsyaAllah tidak akan capek karena nangisnya karena dosa-dosa, nangisnya karena ingat Allah, nangisnya karena ingat akhirat, itu tidak akan capek. Justru, habis nangis semangat tuh, beda banget kesannya habis nangis dan habis ketawa. Makanya ketawanya jangan kebanyakan. Nabi mengatakan 'kalau kalian melihat apa yang aku lihat, kalian akan sedikit tertawa. boleh ketawa tapi sedikit dan banyak menangis',

Ketika kita bisa menangis mata kita termasuk mata yang diberkahi. Justru salah satu diantara bukti seseorang itu jauh dari Allah dia matanya menjadi beku tidak pernah bisa menangis. Dan setelah menangis pasti kesannya berbeda, ketimbang setelah ketawa. Nabi mengatakan 'kebanyakan ketawa itu bisa mematikan rasa dihati kita, tidak bisa lagi mendengar kebaikan'. Makanya jangan kebanyakan ketawa, ketawa boleh tapi jangan kebanyakan. #Sharing

Baca Juga : Jangan Ke Ge'eran Kalau Hidup Kita Merasa Nyaman

1 comment:

  1. Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya:
    Tshirt Dakwah Quote

    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Punya Pasangan Sempurna Nggak Indah Kelihatannya

    ReplyDelete