Thursday, September 5, 2019

CARA MENGHILANGKAN RASA KECEWA DI DALAM HATI KITA - Inspirasi dari Hanan Attaki

Kalau kita dikecewakan oleh orang lain kemudian kita sedih, kecewa, merasa kesal. Jangan khawatir itu hanya emosi sesaat. Hati yang sedang menggebu-gebu untuk meluapkan kekesalan itu faktor adanya setan yang membisikan hati kita untuk terus dibuat kesal didalam diri kita. Terkadang ada juga yang suka kesal sendiri, kecewa ke diri sendiri dan suka tidak jelas dengan hati kita yang terus menyalahkan diri kita sendiri.

"Pernah ga sih sedih tapi gak ada sebab? itu tuh gimana tuh kayak tiba-tiba hari ini, kok saya sedih ya! tau gak kenapa? hati kita tuh diusik sama setan. Setan tuh emang senang ngusik hati kita, dia gak ngusik fisik kita kecuali sesekali. Kaya misalnya ada guna-guna itu fisik kan, tapi yang sering banget, dailynya dia tuh ngusik hati. Yuwaswisufi sudurinnas (terus-menerus didalam hati atau dada manusia). Jadi setiap hari dia ngusik hati kita. Lu bete dong, sedih dong, marah dong, apa gitu. Jadi dia kayak nyuruh emosi kita untuk kayak gitu-gitu, sehingga kita ga ada yang bikin masalah tapi kita sedih. Nah gimana ngobatinya? Said Ust Hanan Attaki."

Satu doa, Ya Jabbar itu panggilan orang yang sedang sakit hati. Jadi satu itu untuk orang yang lagi dizholimi, satu lagi artinya untuk orang yang hatinya kaya sedih disakitin, tidak sebesar zholim tapi ya lumayanlah bikin tidak bisa tidur, bikin tumbuh jerawat dll. Jadi intinya adalah panggil Allah kalau kita lagi sakit hati dan dikecewain. Ya Allah, Ya Jabbar . Salah satu doa minta disembuhkan kecewa dan sakit hati di dalam sholat. Rabbighfirli Warhamni Wajburni. makna yang ketiga Wajburni yaitu yang mengobati sakit hati.

Poin yang kedua adalah cari satu hobi, cari satu hobi yang bukan hanya entertain walaupun boleh. Hobi kan tidak harus satu kan? entertain ada hobinya, olahraga ada, hangout ada, tapi selain ini, ini bagus semuanya. tapi tambahin satu lagi hobi ibadah. Ibadah tuh harus jadi hobi, biar apa? biar kita tuh bisa enjoy. Ambil yang paling ringan dulu deh dijadiin hobi misalnya sholat dhuha. Itu kalau sholat tanpa jadwal, bukan karena waktunya sholat kita tuh kadang-kadang lebih free ride loh. Itu kalau kita jadikan hobi, sebanyak mungkin sholat sunah itu akan jadi obat ketika kita kecewa. Terus berusaha untuk melakukan yang terbaik didalam diri kita. #Sharing 

Baca Juga : Akibat Tidak Tahu Terima Kasih

0 comments:

Post a Comment