Tuesday, August 6, 2019

KITA TIDAK BOLEH MENGHAKIMI ISI HATI - Inspirasi dari Hanan Attaki

Setiap manusia mempunyai kekurangan dan kelebihan yang tentunya menjadikan dirinya terus belajar untuk menjadi lebih baik. Manusia tidak bisa menghakimi isi hati, kita hanya bisa menghukum sesuatu yang tampak. Sehingga dengan manusia akad jual beli, piutang, akad pernikahan, semuanya dengan lisan. Karena manusia tidak tahu isi hati, yang mengetahui isi hati Allah dan kita saja.

"Jadi, kita tidak boleh menghakimi isi hati ah nih dia gak jujur nih, dia gak boleh ngomong begitu karena manusia gak tahu isi hati kecuali Allah kemudian kita. Sehingga kalau ada teman kita yang mengatakan Sumpah demi Allah, yaudah selesai. Saya jujur kok yaudah selesai, kita tidak boleh men-judge isi hati orang lain, Said Ust Hanan Attaki."

Kita tidak boleh menerka-nerka isi hati orang lain, yang kita pikirkan tentang orang lain harus positif. karena ketika melihat bahwa yang dilakukan orang lain menurut kita tidak baik, tapi dia memiliki isi hati yang berbeda untuk tulus atau ikhlas dalam berbuat sesuatu. Maka dari itu kita tidak boleh menilai oarang lain dengan hati kita, karena belum tentu itu yang sesungguhnya. Berprilakulah yang baik untuk menjadi manusia yang selalu berpikir positif. #Sharing

0 comments:

Post a Comment