Tuesday, August 6, 2019

JAGALAH PERASAAN ORANG LAIN - Inspirasi dari Hanan Attaki

Sesama manusia kita mencoba untuk saling menghormati. Karena setiap manusia akan membutuhkan satu sama lain karena kita adalah makhluk sosial. Setiap orang memiliki perasaan yang berbeda-beda. Tapi gimana kita caranya membangun sebuah perasaan yang sama antara kita dengan saudara kita. Kalau kita ingin membangkitkan rasa sehati salah satunya dengan cara ro'fah. ro'fah itu artinya peka, gara-gara kepekaan inilah jadilah kita orangnya pengertian. Kalau kita orangnya tidak punya kepekaan tidak pengertian.

"Kepekaan dan empati yang tinggi itulah yang menjaga persaudaraan, sehingga ketika kita ngomong, ketika kita comment, ketika kita bertindak ketika kita melakukan sesuatu selalu berpikir angel perasaan orang lain. Baik itu keluarga kita, tetangga kita, teman main kita, teman sekolah kita, beda sekolah, beda komunitas apapun lah bahkan beda agama sekalipun kita jaga perasaan dia. Makanya Allah sangking ingin menjaganya nih, Allah bilang  "Janganlah kalian mencela Tuhan- Tuhan meraka, sehingga mereka mencela Tuhan kalian tanpa mereka pahami."

Beda agama kan yang satu muslim yang satu non muslim kita jaga jangan sampaikan kita ngeledekin Tuhan mereka, jangan sampai kita ngeledekin syariat mereka, jangan sampai kita ngeledekin hal-hal yang sakral dalam persepsi dan kepercayaan mereka. Kalau kita lakukan itu nanti mereka akan membalas jadilah perpecahan, itu diajarkan dalam Al Quran, Said Ust Hanan Attaki."

Jagalah perasaan orang lain sebaik mungkin agar kita saling berdamai satu sama lain. Istilahnya kalau kita ingin diri kita dihargai, hargailah orang lain. Sebagaimana kita ingin diperlakukan diri kita yang terbaik lakukanlah yang terbaik juga untuk orang lain. Masalahnya mereka diperlakukan kita beda itu hak mereka yang penting kita melakukan diri kita sebaik mungkin untuk menjaga perasaan orang lain. #Sharing

0 comments:

Post a Comment